Di musim panas terkadang suhu meningkat diatas batas kenyamanan,umumnya seseorang menggunakan kipas angin akan tetapi menggunakan kipas angin terlalu lama malah akan membuat membuat kulit terasa panas dan  kering.

Kali ini akan saya berikan satu tips lagi..bagaimana "menyulap" kipas angin anda yang biasa menjadi serasa menggunakan AC setelah menyalakannya,langkah-langkahnya adalah :

Anda harus mempersiapkan bahan-bahan seperti di bawah ini :


  1. Kipas angin : Bahan yang sangat mudah di temukan atau mungkin anda sudah punya?
  2. Copper tube : Selang tembaga yang digunakan untuk AC,bisa di beli di toko material.
  3. Pompa air aquarium : Pompa mini yang biasa digunakan pada aquarium.
  4. Penampung : Penampung ini berfungsi untuk menampung air dan es balok,semestinya terbuat dari bahan yang dapat mempertahankan es balok agar tak cepat mencair.
  5. Selang : Selang air yang lubangnya sesuai dengan ukuran pipa tembaga.
  6. Cable tie : bahan yang digunakan untuk mengikat kabel.
Cara membuat :
  • Lilitkan selang tembaga pada tubuh kipas angin atur sedemikian rupa ikat pada bagian dimana harus diikan menggunakan pengikat kabel..
  • Lalu satu diantara 2 ujung pipa tembaga dimasukkan ke dalam ujung selang air dan biarkan terlebih dahulu ujung pipa yang satunya.
  • Setelah itu masukan ujung keluar pada pompa air aquarium ke ujung selang yang sama,lihat gambar di bawah :



  • Persiapkan penampung lenkap dengan balok es dan diisi air secukupnya.
  • Masukkan ujung pipa tembaga yang dibiarkkan tadi dan pompa air atau boleh juga lubang masuk pada pompa air disambung dengan selang untuk menghindari hal yang tidak diinginkan pada pompa air karena suhu yang sangat dingin di dalam bak penampung.atur letak sedemikian rupa menurut kehendak,maka hasilnya akan seperti di bawah ini :


Bagaimana ini bekerja ?
Bermula dari pompa air mengalirkan air dingin dari bak penampung melalui pipa tembaga yang mengelilingi tubuh kipas angin,lalu hembusan kipas menyebarkan hawa dingin tersebut lalu air itu kembali lagi ke bak mekanisme ini berjalan sesuai siklus,sangat simpel dan efisien.
Selamat mencoba...

Artikel terkait :

1 komentar

  1. Edi // 11 Oktober 2010 23.30  

    thanx q udh pernah coba!!!!!!!!!!

Next Post Next Post Next Post