Bekerja ke amerika part 1

Diposting oleh effendy [ ] 1 komentar »

Saat bekerja di negeri sendiri tak lagi terasa menjanjikan mungkin terbesit di pikiran seseorang untuk mencoba "berpetualang" mengejar karir ke negeri orang atau mungkin ada dari banyak orang berniat bekerja sambil belajar atau bekerja sambil berpetualang.

Disini saya berbicara tentang bekerja ke amerika..mendengar dari topiknya saja kayaknya menyenangkan dapat berkunjung apalagi bekerja dan menetap dalam jangka waktu lama di negara besar seperti amerika,buat anda yang menyukai sisi gemerlap negara itu kemungkinan amerika adalah salah satu tujuan tepat dengan segala latar belakang mungkin saja cocok dengan selera anda baca tentang Amerika.

maka bekerja ke amerika dengan status legal adalah pilihan tepat,seseorang yang bekerja ke amerika dibedakan berdasarkan pekerja yg mempunyai skill dan non skill,maka step by step prosesnya adalah :


Pelajari tentang kebutuhan visa anda : visa yang dianjurkan untuk bekerja ke amerika serikat adalah visa jenis H1B dan H2B,Visa h1b adalah jenis visa bagi para pekerja yang memiliki skil atau keahlian khusus seperti IT,pengajar,artis,perawat,dan sejenisnya. sedangkan visa h2b adalah kebalikannya yaitu visa bagi para pekerja yang tidak memiliki skil atau keahlian.

Pastikan anda punya sponsor : setelah anda tentukan jenis visa yang akan anda apply anda harus mempunyai sponsor bagi anda atau perusahaan yang akan memperkerjakan anda di amerika, dalam mencari sponsor anda harus hati-hati karena tidak semua sponsor anda itu benar, anda harus tahu tempat mereka dan alamat jelas mereka.

Menunggu dan berdoa : Setelah anda mendapatkan sponsor maka sponsor itu akan mengajukan izin pada kantor imigrasi amerika untuk merekrut karyawan dari luar amerika(dan proses ini tidak sederhana biasanya membutuhkan waktu 2-3bulan karena pihak amerika mengharuskan sponsor itu mencari karyawan dari amerika sendiri, jika ternyata tidak ada yang respon baru mereka mendapatkan izin tersebut, itu pun melalui tahapan yang tidak sederhana sponsor itu harus bisa membuktikan kepada pihak amerika bahwa mereka siap dan akan bertanggung jawab terhadap personal yang mereka rekrut dari luar amerika

Apply form : Setelah sponsor anda mendapatkan izin untuk merekrut karyawannya dari luar amerika maka proses selanjutnya adalah mengajukan PETISI atau NOTICE OF ACTION atau IZIN TINGGAL DAN BEKERJA bagi anda, izin ini harus didapat sebelum anda apply visa di keduataan besar amerika di jakarta. Nah dalam proses ini anda harus mengisi FORM I-129,setelah anda mengisi I-129 dan di ajukan, dan jika anda mendapatkan izin dari imigrasi maka anda akan mendapatkan NOTICE OF ACTION atau PETISI.

Take a schedule : setelah petisi anda keluar berarti anda harus mengajukan jadwal interview di kedutaan besar amerika, dan anda harus mengisi FORM DS-156 DAN DS-157 yang bisa anda dapatkan melalui website mereka.

setelah anda mengisi FORM tersebut dan setelah anda membuat janji di kedutaan besar amerika maka anda akan melakukan interview dengan petugas kedutaan besar amerika untuk mendapatkan visa h2b/h1b.

dalam interview nanti anda harus membawa dokumen yang di butuhkan seperti ijasah, akte lahir, paspor dan sebagainya.

Bekerja ke amerika part 2

Sumber : http://utakatik.isgreat.org/

Artikel terkait :

1 komentar

  1. ariefizzu // 8 Desember 2013 pukul 17.35  

    Bagaimana cara mencari sponsor dan mendapatkan sponsor?

Next Post Next Post Next Post