KOMPAS.com - Mau cantik tanpa biaya mahal? Bisa, kok! Banyak bahan-bahan alami yang bisa dibeli dengan murah dan diracik menjadi alat atau bahan kosmetik kecantikan. Simak saja tips cantik dari ujung kaki hingga kepala denganbudget rendah di bawah ini.

1. Body scrub
Body scrub dari bahan alami yang sudah dikemas memang mahal. Mengapa tidak coba membuat sendiri saja? Ini resepnya: campurkan 1/2 cangkir gula kasar dengan 1/4 cangkir minyak zaitun. Gosok-gosokkan ke seluruh tubuh saat Anda mandi.

2. Kuku mengkilap
Campurkan 1 sendok teh perasan jeruk lemon dengan 2 sendok teh air kemudian rendam kuku Anda selama 15 menit. Sesudahnya, keringkan dan beri krim pelembab.

3. Toner
Tidak perlu repot, seduh saja kantung teh hijau, angkat, dan dinginkan. Kemudian kompreskan pada wajah.

4. Pelembab kulit
Haluskan 1/2 potong pisang dan alpukat, kemudian oleskan pada wajah dan diamkan selama 15 menit. Oleskan pada wajah yang sudah dibersihkan. Setelahnya, basuh dengan air dingin.

5. Masker wajah
Masker wajah dari pepaya bisa mencegah keriput dan menghilangkan kesan lelah pada wajah. Ayo, segera coba. Bahan-bahannya: 3 sendok teh pepaya yang telah dihancurkan, 1/3 cangkir bubuk gandum, 1 sendok teh madu.
Campurkan semua bahan, kemudian oleskan pada wajah, lalu diamkan selama 10 menit. Kemudian basuh wajah dengan air hangat. Pepaya mengandung senyawa kimia alpha hydroxy acid yang bisa mencegah kerut wajah.

6. Masker mata
Potong tipis kentang yang telah dikupas, tempelkan pada kelopak mata Anda untuk mengurangi bengkak atau mata lelah.

7. Masker anti jerawat
Caranya: haluskan 1/4 cangkir buah stroberi dan campurkan dengan 1/4 cangkir yogurt dan atau cream tawar. Cuci bersih wajah Anda, keringkan, kemudian olesi dengan campuran tersebut. Diamkan selama 15 menit, lalu bilas. Stroberi adalah sumber alami untuk membunuh kuman penyebab jerawat pada wajah.

Artikel terkait :

0 komentar

Next Post Next Post Next Post