Indonesia bisa berbangga karena sudah mengenal virus lokal pada tahun 1988 dengan lahirnya virus lokal pertama bernama Den Zuk karya Denny Yanuar Ramdhani dari bandung. Sebenarnya virus ini berperilaku sebagai anti virus yang menghapus virus bernama Brain. Dan yang patu dibanggakan ialah IBM mencatat program Den Zuk sebagai anti virus pertama didunia. Publikasi dari sang pencipta virus dimuat di Virus Buletin edisi Januari 1991.
Virus Denzuko alias Den Zuk akan mencari dan menghancurkan duplikat virus Brain. Jika virus ini menemukan disket yang terinfeksi Brain, ia akan menghapus infeksi itu, dan menggantinya dengan virus Den Zuk sendiri. Virus ini bersembunyi di track 40 pada disket, namun biasanya disket berkapasitas 360K hanya memiliki nomor track 0 sampai 39. Virus ini tidak menginfeksi disket berkapasitas 1,2 MB atau volume disket 3,5 secara sempurna tapi sanggup menghancurkan data di dalamnya. Label volume disket "(c) Brain" akan diubah menjadi "YuCuIuEuRuP". Hal ini menandai nama panggilan radio amatir sang pencipta, YCIERP.

Pada komputer yang terinfeksi virus ini, menekan Ctrl-Alt-Del tidak berpengaruh apa-apa ketika ingin me-restart komputer namun malah menampilkan teks "DEN ZUK" dalam sekejap sementara sang virus akan tetap tinggal di memori walaupun reboot dilakukan dengan cara lain. Den Zuk mengubah kombinasi perintah reboot dengan Ctrl-Alt-F5.
Den Zuk juga memiliki varian bernama Ohio dengan nama alias Hacker. Varian ini adalah versi kama dari Den Zuk sendiri yang sanggup menghapus virus Ohio.

Virur ini tercatat dalam virus timeline versi IBM dan semua lembaga yang terlibat dalam perkembangan virus. Semua setuju Den Zuko adalah salah satu peristiwa penting dalam sejarah virus komputer dunia. Setelah virus yang jtga anti virus ini lahir, kemudian bermunculan piranti lunak pembasmi virus sampai yang kita kenal sampai saat ini.

Artikel terkait :

0 komentar

Next Post Next Post Next Post