Anda
tentu akan terkesima bila melihat Hummer di jalan. Bukan hanya karena
ukurannya yang tidak biasa, disain Hummer pun begitu macho bila
dipandang.
tapi
tahukah Anda, bahwa pada awalnya, Hummer dibuat hanya untuk keperluan
militer Amerika oleh sang pembuat, yakni, AM General Corporation. Namun,
karena berbagai alasan, kendaraan perang ini akhirnya dibuat keperluan
sipil. Adapun istilah untuk Hummer versi sipil adalah High Mobility
Multipurpose Wheeled Vehicle atau disingkat menjadi HMMWV tapi sering
diucapkan sebagai Humvee.
Namun,
walaupun diperuntukan untuk keperluan 'masyarakat biasa', uji coba pada
versi sipil ternyata tidaklah main-main. Karena untuk menguji coba
kendaraan raksasa ini, sang produsen sengaja membuat sebuah perjalanan
dari London menuju ke Beijing. Rute perjalanan ini bukanlah jalur yang
mudah. Sebab, harus melewati jalur berat di 'wilayah tengah' bekas
negara Uni Soviet. Sedangkan versi militernya bahkan langsung
diikut-sertakan dalam Operasi Badai Gurun.
Versi
sipil pertama adalah H1 yang dikeluarkan pada 1992 . Kendaraan ini
dibuat berdasarkan versi militer 'Humvee M998'. Hummer generasi pertama
ini masuk dalam kategori mobil off-road raksasa yang terkenal tahan
banting di segala medan.
Perbedaan
antara versi sipil/H1 dan versi militer/Humvee (HMMWV) sebenarnya
sedikit sekali. Dan lebih terlihat sebagai sebuah penyesuaian keperluan
seperti persenjataan dan pelapis baja anti peluru yang tidak dimiliki
oleh H1.
Dan
karena H1 memang diperuntukkan sebagai kendaraan sipil, maka, bagian
dalam H1 pun dibuat dengan lebih nyaman. Seperti kursi yang dibuat lebih
nyaman, trim yang lebih menarik, serta interior yang telah dilengkapi
dengan penyejuk udara dan stereo set. Namun, untuk masalah teknis
seperti kekuatan, sasis, badan, atau suspensi, H1 tidaklah berbeda
dengan Humvee.
Hummer
lalu memasuki tahapan baru ketika model H2 dilepas ke pasar pada tahun
2003. Secara visual, model H2 terlihat lebih ramping, lebih panjang,
lebih tinggi, dan lebih ringan daripada pendahulunya H1.
Model
H2 sendiri masuk dalam kategori sport utility vehicle atau SUV namun
ada pula H2 versi Sport Utility Truck atau SUT dimana H2 dimodifikasi
dengan memakaikan bak model truk pada tubuhnya. H2 sendiri sebenarnya
adalah sebuah kombinasi cerdas dari berbagai truk yang ada di Amerika
seperti GM GMT820, Chevrolet Tahoe dan GMC Yukon. Bagian depan H2 bahkan
merupakan modifikasi frame dari seri GM 2500 dan seri GM 1500 pada
bagian belakang.
Lalu
pada tahun 2006 diperkenalkan model terbaru dari Hummer yang kemudian
di beri nama H3. Generasi ketiga ini, terbilang sangat revolusioner.
Karena sudah sangat jauh berbeda dari generasi pertamanya, yakni, H1.
Namun,
sambutan pasar pada model ini ternyata sangatlah positif. Terbukti
walaupun generasi ini memiliki kesamaan platform dengan GMT345, GM***5,
Chevrolet Colorado dan GMC Canyo, H3 masih mampu meraup 74 persen dari
penjualan semua model Hummer yang pernah ada.
Hingga
akhirnya pada awal tahun 2008 muncul Hummer terbaru yang diberi nama
HX. Model ini makin 'menghianati' leluhurnya H1, karena tidak ada lagi
kesan sangar yang tersisa dari model ini. HX bahkan memiliki tubuh yang
lebih kecil dari H3 yang sudah 'kecil'. Dengan berbagai bagian tubuh
yang bisa di copot seperti atap, pintu, dll.
Hal
tersebut semakin menyiratkan HX sebagai kendaraan komersil sejati.
Walau pun kemudahan mencopot bagian tubuh ini memberikan keuntungan
tersendiri seperti membuat HX menjadi sangat ringan ketika diajak
off-road hingga dapat dengan mudah melewati kubangan lumpur. Tetap saja,
kegagahan legenda Hummer telah banyak terkikis.
Baru-baru
ini bahkan muncul model terbaru dari Hummer, yakni, H3T. Model yang
walaupun memiliki sebuah bak dibelakangnya ini, bahkan masih terlihat
sangat feminim, meskipun otot khas Hummer masih terlihat di tubuhnya.
0 komentar
Posting Komentar